SAMARINDA – Setelah menerima laporan hasil penyelesaian pekerjaan Rehab Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dari Pimpinan Pokmas Karang Taruna Maju Jaya Kelurahan Bukit Pinang Samarinda Rabu (2/6/2021) pagi, siang harinya dilaksanakan dengan penyerahan hasil pekerjaan Swakelola bertempat di lokasi TPS Tanjakan Jalan P. Suryanata RT.05 Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Kegiatan tersebut dikoordinir langsung Lurah Bukit Pinang Eko Purwanto, SE., MM dengan peserta Badarudin, S.Sos selaku Ketua Karang Taruna Maju Jaya, Ketua Tim Pengawas Kegiatan Swakelola Budiman Syah yang juga Tokoh Masyarakat Kelurahan Bukit Pinang. Untuk Kelurahan sendiri diwakili oleh PPTK Sub. Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan didampingi Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan dan juga berkesempatan hadir Camat Samarinda Ulu Kota Samarinda beserta Ka.Si Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Samarinda Ulu. Tujuannya, pekerjaan telah selesai dikerjakan oleh Pimpinan Kelompok Masyarakat sebagai Pelaksana Swakelola dan diserahkan kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Kelurahan Bukit Pinang berdasarkan kontrak swakelola juga sesuai dengan addendum surat perjanjian yang telah ditentukan.

“Pada hari ini kami telah menerima hasil Pekerjaan  salah satunya adalah Rehab Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Tanjakan, adapun uraian pekerjaan tersebut meliputi perbaikan badan dinding perbaikan landasan dan juga pengecatan. Pelaksanaan Swakelola dalam kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan menggunakan swakelola Tipe IV yaitu swakelola yang direncanakan oleh perangkat daerah penanggung jawab anggaran dan atau berdasarkan usulan kelompok masyarakat dan dilaksanakan serta diawasi oleh kelompok masyarakat pelaksana swakelola,” ujar Lurah Bukit Pinang Kota Samarinda saat dikonfirmasi usai penyerahan hasil pekerjaan kegiatan swakelola di lokasi TPS Tanjakan tersebut.

Menurut Eko – sapaan akrabnya – perbaikan TPS Tanjakan  kita laksanakan dalam rangka mendukung ataupun merupakan salah satu diantara program kerja 100 hari Wali Kota Dr. H. Andi Harun dan Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr. H. Rusmadi melalui Dana Kelurahan Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan Sub. Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan Bukit Pinang Tahun 2021.

“Sebelumnya juga beberapa waktu lalu kita telah melakukan Kegiatan Sosialisasi Penghapusan atau penutupan TPS Jalan P. Suryanata (Ayu Collection) RT.02. Harapannya tidak hanya sekadar mengapus maupun menutup namun juga mengurangi volume sampah,’ ungkapnya.

Disaat bersamaan pula ketika disambangi disela  penyerahan hasil pekerjaan yang menyempatkan hadir ditengah kegiatan tersebut, Camat Samarinda Ulu Kota Samarinda Muhammad Fahmi, M.Si memberikan apresiasi atas pelaksanaan yang merupakan Program Kerja 100 hari Wali Kota Samarinda dan Wakil Wali Kota Samarinda diantaranya yang terdapat pada Kelurahan Bukit Pinang saat ini Rehab Tempat Pembuangan Sampah sudah selesai dan Mantan Camat Sambutan  Kota Samarinda itu menambahkan Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Bukit Pinang 100% selesai mengingat sebelumnya juga telah melaksanakan Penghapusan atau Penutupan TPS di Jalan Protokol.

“Saya tekankan dan juga menghimbau agar disosialisasikan kepada masyarakat atau warga baik melalui media sosial budaya membuang sampah sesuai waktu yang telah ditentukan dari Pukul 18.00 wita hingga Pukul 06.00 wita, sampah yang dibuang juga dimasukan kedalam jangan asal buang sehingga berserakan, harapan saya Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan digunakan  untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat,’ imbuhnya. (RD/adm-BP) 

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Bukit Pinang
SELAMAT DATANG DI KELURAHAN BUKIT PINANG
Bukit Pinang, Kampung Donor Darah.
BUKIT PINANG BERBENAH